Rabu, 17 Oktober 2012

Pemanfaatan Simulasi Dalam Bidang Teknologi Industri


Sebelum nya kita harus mengerti apa itu simulasi. Simulasi adalah tiruan dari sebuah sistem dinamis dengan menggunakan model komputer untuk melakukan evaluasi dan meningkatkan kinerja sistem. Piranti lunak / software simulasi komersial yang secara khusus dirancang untuk mencakup perilaku sistem disebut adalah promodel. Software simulasi menyediakan animasi grafis dan realistik dari sistem yang dimodelkan nya, user atau pengguna dapat melakukan analisa dan beberapa diantaranya menyediakan kapabilitas optimasi. Fungsi dari melakukan simulasi adalah kalau melakukan trial dalam menggunakan alat yang asli, contoh nya pilot pesawat terbang melakukan uji terbang pesawat, jika pilot pesawat terbang itu melakukan uji terbang dengan pesawat asli maka akan menghabiskan waktu dan akan menghabiskan banyak pengeluaran. Jadi, dilakukan simulasi pesawat terbang atau flight simulator untuk meminimasikan resiko kerugian yang besar dan kesalahan dalam kehidupan nyata.
Simulasi menyediakan metode analisis untuk meramalkan kinerja sistem, bahkan untuk sistem yang paling rumit. Simulasi mendukung pengambilan keputusan, contohnya manajer dapat memperkirakan hasil dengan lebih akurat. Dan melakukan simulasi dapat terhindar dari resiko dalam kehidupan nyata. 

Karakteristik simulasi

Karakteristik simulasi sebagai alat perencanaan
dan pengambilan keputusan yang tangguh:

- Mencakup saling ketergantungan sistem (system interdependencies)
- Memperhitungkan variabilitas sistem
- Sanggup membuat model untuk sistem apapun
- Memperlihatkan perilaku sistem setiap saat
- Lebih murah, tidak menghabiskan waktu dan tidak mengganggu sistem nyata
- Menyediakan hasil yang mudah dimengerti dan dikomunikasikan
 - Mencakup waktu yang nyata, dimampatkan, atau bahkan waktu yang tertunda
 - Memberikan rancangan yang rinci

Melakukan simulasi adalah sebuah proses dari perancangan model dari sistem nyata dan mengadakan dengan promodel tersebut. 

Manfaat dari simulasi adalah sebagai pendukung keputusan di bidang manufaktur, termasuk sistem pergudangan dan distribusi membuat rancangan sistem dan keputusan operasional.

Jadinya simulasi merupakan teknologi untuk meningkatkan kinerja sistem dengan menyediakan cara untuk membuat rancangan dan keputusan rancangan, manajemen yang lebih baik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar