Pengertian dan Fungsi bisnis
Sebelumnya kita harus tau pengertian
dari bisnis itu sendiri. Bisnis berasal dari kata business dan business berasal
dari kata busy yang mempunya arti sibuk.
- “Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan”.
- “Suatu organisasi yang menjual barang dan jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya” (ilmu ekonomi).
- Konteks : individu, komunitas atau pun masyarakat.
Dalam arti luas bisnis adalah
- Istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari – hari.
- Sebagai system yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.
- Merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Dari pengertian diatas dapat
disimpulkan bahwa bisnis adalah aktifitas yang dilakukan oleh individu atau
sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan barang atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Aspek – aspek bisnis :
- Kegiatan individu atau kelompok.
- Penciptaan nilai.
- Penciptaan barang atau jasa.
- Keuntungan melalui transaksi.
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan
mikro atau makro ekonomi.
1. Fungsi mikro
bisnis
Kontribusi
terhadap pihak yang berperan langsung
o
Pekerja / Karyawan
Pekerja
menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan
kinerja yang tinggi yang ditunjukan besarnya pendapatan penjualan dan laba.
o
Dewan Komisaris
Memantai kegiatan
dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan.
o
Pemegang Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab terhadap
perusahaan.
2. Fungsi makro
bisnis
Kontribusi
terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
o
Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan
kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.
o
Bangsa dan Negara
Tanggung jawab
kepada bangsa dan Negara yang diwujudkan dalam bentik kewajiban membayar pajak.
Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis, teknologi
informasi mempunyai pengaruh yang nyata, transaksi bisnis dicatat secara on-line, diolah dan pada saat yang
hampir bersamaan (real-time) hasil pengolahan atau informasi dapat
dilihat, seperti yang lazim dilakukan para nasabah bank pada saat melakukan
transaksi pada ATM (automated teller
machine). Selain itu, teknologi informasi juga
dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan
jaringan komunikasi internet.
Sistem E-commerce dapat
diklasifikasikan kedalam 3 (tiga) tipe aplikasi berikut, yaitu :
- Electronic Markets (EMs), yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan.
Contoh :
tokobagus.com
- Elektronic Data Interchange (EDI), adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Secara formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchabge Association (IDEA) sebagai transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik . EDI sangat luas penggunaaanya, biasanya digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain, tanpa memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga terhindar dari penundaan,kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
- Internet Commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar