Jumat, 18 Oktober 2013

Pengertian dan Fungsi Bisnis TI

Pengertian dan Fungsi bisnis

Sebelumnya kita harus tau pengertian dari bisnis itu sendiri. Bisnis berasal dari kata business dan business berasal dari kata busy yang mempunya arti sibuk.
  • “Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan”.
  • “Suatu organisasi yang menjual barang dan jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya” (ilmu ekonomi).
  •  Konteks : individu, komunitas atau pun masyarakat.
Dalam arti luas bisnis adalah 
  • Istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari – hari.
  • Sebagai system yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.
  • Merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah aktifitas yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Aspek – aspek bisnis :
  • Kegiatan individu atau kelompok.
  • Penciptaan nilai.
  • Penciptaan barang atau jasa.
  • Keuntungan melalui transaksi.
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikro atau makro ekonomi.
1.       Fungsi mikro bisnis

Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
o   Pekerja / Karyawan
Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukan besarnya pendapatan penjualan dan laba.
o   Dewan Komisaris
Memantai kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan.
o   Pemegang Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab terhadap perusahaan.

2.       Fungsi makro bisnis
Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
o   Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.
o   Bangsa dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara yang diwujudkan dalam bentik kewajiban membayar pajak.

Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis, teknologi informasi mempunyai pengaruh yang nyata, transaksi bisnis dicatat secara on-line, diolah dan pada saat yang hampir bersamaan (real-time) hasil pengolahan atau informasi dapat dilihat, seperti yang lazim dilakukan para nasabah bank pada saat melakukan transaksi pada ATM (automated teller machine). Selain itu, teknologi informasi juga dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan
jaringan komunikasi internet.

Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan kedalam 3 (tiga) tipe aplikasi berikut, yaitu :
  • Electronic Markets (EMs), yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan.
   Contoh : tokobagus.com




  • Elektronic Data Interchange (EDI), adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Secara formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchabge Association (IDEA) sebagai transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik . EDI sangat luas penggunaaanya, biasanya digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain, tanpa memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga terhindar dari penundaan,kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
  • Internet Commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar